Vallenca Corpora Group
SHARE :

Pengertian Tentang Crowdfunding dan Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

5
06/2019
Kategori : blog
Komentar : 0 komentar
Author : Admin Vallenca


Pengertian Tentang Crowdfunding dan Manfaatnya dalam Dunia Bisnis

Halo temen-temen pengusaha muda Indonesia. Sudah taukah anda tentang Crownfunding? Mungkin kita pernah mendengarkannya. Namun tahukan anda, apa itu Crowdfunding?

Seperti dikutip dari techinasia,

Urun dana, atau crowdfunding, adalah salah satu alternatif metode pendanaan bisnis yang sedang populer di dunia. Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang belum familier dengan istilah ini, jadi simak artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai crowdfunding.

Secara garis besar crowdfunding itu adalah pendanaan berramai-ramai atau patungan. Crowdfunding memungkinkan puluhan bahkan ratusan orang patungan mewujudkan suatu proyek komersial maupun penggalangan dana untuk kepentingan sosial.

Hadir dalam bentuk platform web
Umumnya, crowdfunding “dibungkus” dalam sebuah platform web yang menjadi tempat bertemunya project owner dengan publik yang memberikan dana. Nantinya project owner akan memberikan sebuah produk atau layanannya sebagai sebagai timbal balik.

Ada tiga pihak yang terlibat dalam platform crowdfunding, yaitu project owner, supporter (publik yang memberikan dukungan dana), dan penyedia platform (di Indonesia beberapa di antaranya adalah KitaBisa, Wujudkan, AyoPeduli, Crowdtivate, gandengtangan, dan carincara). Ketiganya pihak ini memiliki peran masing-masing dalam menciptakan sebuah ekosistem yang dapat menunjang kebutuhan tiap pihak.

Sumber startup mencari modal
Ada cukup banyak startup yang berhasil mendapatkan dana dengan sistem crowdfunding. Contohnya, game horor buatan anak Indonesia, DreadOut. Developer game ini mencantumkan angka $25.000 (sekitar Rp340 juta) untuk dana yang dibutuhkan, sedangkan dana yang terkumpul mencapai $29.067 (sekitar Rp400 juta), yang artinya melebihi target yang ditentukan.
Tidak salah jika mengatakan platform crowdfunding menjawab pertanyaan cliche masyarakat Indonesia, yaitu “Bagaimana caranya mendapatkan modal usaha?”

Platform crowdfunding memang diciptakan untuk mempertemukan penyumbang—yang ingin mendukung industri kreatif dalam negeri—dengan para entrepreneur—yang membutuhkan modal atau dukungan usaha mereka.

Crowdfunding mendorong para inovator untuk menciptakan suatu karya inovasi. Karenanya siapapun dapat menjadi pencipta proyek dan mengajukan suntikan dana crowdfunding. Namun tidak semua ide brilian dapat berhasil menggalang dukungan yang besar jika ide kurang berhasil menarik minat para pendukung.

Dengan banyaknya pilihan situs crowdfunding sebagai sarana mendapatkan dukungan, tidak ada alasan tak bisa bikin usaha karena belum punya modal, kan?

Berita Lainnya

4
06/2019
Makna Logo Gurita Vallenca
Author : Admin Vallenca
3
06/2019
Study Recommendations in Australia
Author : Admin Vallenca
11
08/2018
Nasi Jagung Instan Super
Author : Admin Vallenca
11
08/2018
E-Commerce Produk UKM Indonesia
Author : Admin Vallenca


Tinggalkan Komentar